April 17, 2021 By valoralamor.com 0

Apakah Anda Punya Rayap? Apakah Anda Yakin?

Rayap memakan kayu, dan kebanyakan rumah dibuat setidaknya sebagian dari kayu. Ini, tentu saja, berarti rumah dan rayap tidak boleh bercampur. Tentu, coba katakan itu pada mereka.

Setiap tahun, di Indonesia saja, ratusan ribu rumah dirawat dari serangan rayap. Dalam ribuan lainnya, rayap tidak terdeteksi. Bisakah Anda berisiko?

Serangga ini tumbuh subur di daerah hangat, tetapi mereka juga dapat bertahan hidup di daerah beriklim sedang. Dan jangan berpikir itu bukan masalah di negara lain. Rayap juga menjadi perhatian di Eropa dan bagian lain dunia. Mereka dapat menghancurkan kerusakan di bawah rumah Anda, seperti di fondasi, atau di atas tanah juga.

Ada dua kategori rayap: rayap tanah dan rayap kayu kering. Rayap tanah tinggal di bawah tanah sementara rekan mereka dari kayu kering sangat senang hidup di atas tanah. Karena mereka sering bersarang di kayu (seperti yang ditemukan di dinding rumah Anda) dan tidak memerlukan kontak dengan tanah, mereka bisa sulit ditemukan dan dimusnahkan.

Tapi pelajaran serangga itu sudah cukup. Mari kita ke hal-hal penting:

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda memiliki rayap?

Terkadang terlihat jelas jika Anda memiliki rayap. Namun, tidak selalu terlihat Anda memiliki masalah sampai mereka telah melakukan banyak kerusakan. Tetapi jika Anda tahu apa yang Anda cari, Anda dapat mengidentifikasinya sejak dini. Jauh lebih baik jika Anda dapat menangkap infestasi lebih awal dan menghilangkannya sebelum kerusakan permanen terjadi pada rumah Anda.

Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jika tidak ada lubang yang menganga di dinding Anda, bagaimana Anda bisa mengetahuinya? Anda akan ingin memeriksa tanda-tanda berikut:

  • Apakah ada sayap berserakan di lantai? Ini tidak berarti rayap (semut terbang juga bisa meninggalkan sayap), tapi bisa. Selama reproduksi kawanan ratu dan koloninya terbang keluar dan kawin sebelum kembali ke sarang mereka di hutan untuk bertelur.
  • Apakah ada bintik hitam atau lepuh di lantai kayu Anda yang dapat dengan mudah tergores dengan pisau dapur? Ini umumnya merupakan tanda rayap tanah.
  • Jika Anda mencurigai rayap bawah tanah, coba ketuk lantai kayu itu. Jika Anda mendengar ketukan jawaban, itu adalah suara tentara rayap yang membenturkan kepala mereka ke kayu untuk memperingatkan orang lain tentang potensi bahaya.
  • Apakah ada pelet oval bersisi enam di atas tanah di dekat lubang kick out? Pelet kecil ini adalah kotoran rayap dan merupakan indikator rayap kayu kering membersihkan terowongan mereka.

Tanda-tanda ini bisa berarti Anda memiliki masalah rayap. Jika menurut Anda kemungkinannya kecil, hubungi profesional anti rayap solo untuk diperiksa. Ini jelas bukan jenis hal di mana Anda ingin menunggu sampai Anda tahu pasti. Semakin lama rayap berada di rumah Anda, semakin banyak kerusakan yang ditimbulkannya. Semakin cepat Anda menyelesaikannya, semakin sedikit uang yang harus Anda keluarkan untuk masalah yang mengganggu ini dalam jangka panjang.

Ingat, rayap dapat menyebabkan kerusakan struktural yang signifikan pada rumah. Bantulah diri Anda dan keluarga Anda, dan atasi masalah ini segera.