June 16, 2021 By valoralamor.com 0

Jadi Simbol Bersyukur atas Kelahiran Anak, Ini Hukum serta 7 Hikmah Aqiqah cocok Tuntunan Nabi Muhammad

Jadi Simbol Bersyukur atas Kelahiran Anak, Ini Hukum serta 7 Hikmah Aqiqah cocok Tuntunan Nabi Muhammad

Aqiqah jadi fasilitas untuk Umat Islam bersyukur kepada Allah SWT atas karunia kelahiran anak, yang umumnya dicoba dengan menyembelih hewan berbentuk kambing.

Hukum aqiqah bagi komentar bersumber pada kitab Hasyiyatus Syarqowi ala Thullab bi Syarhit Tahrir oleh Syekh Syarqowi, sebagaimana hadist riwayat Imam Ahmad, serta di shahihkan oleh Syuaib Al- Arnauth hikmah dari melaksanakan aqiqah

وَمَعَالْغُلَامِعَقِيقَتُهُفَأَمِيطُواعَنْهُالْأَذَىوَأَرِيقُواعَنْهُدَمًاوَالصَّدَقَةُعَلَىذِيالْقَرَابَةِثِنْتَانِصَدَقَةٌوَصِلَةٌ

” Kelahiran seseorang anak itu wajib diiringi aqiqah, hilangkan gangguannya( artinya cukurlah rambutnya) serta alirkanlah darah( sembelihlah hewan). Serta bersedekah kepada saudara dekat memperoleh 2 pahala sekalian, pahala sedekah serta pahala silaturrahim.”( HR. Ahmad No: 15635).

Demikian halnya dengan tujuan aqiqah buat menyembelih hewan dikala kelahiran anak, selaku bagian dari fikih ibadah memiliki banyak hikmah.

Bagi Syekh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, aqiqah mempunyai sebagian hikmah:

1. Menghidupkan sunah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim AS, tatkala Allah SWT menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail AS.

2. Dalam aqiqah memiliki faktor proteksi dari setan yang bisa mengusik anak yang lahir.

Ini cocok dengan arti hadis, yang mengatakan,“ tiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya, sehingga anak yang sudah ditunaikan aqiqahnya lebih terlindung dari kendala setan yang kerap mengusik kanak- kanak Jasa aqiqah Jakarta dan Bekasi .”

Baca Pula: Doa Buka serta Sahur Puasa Rajab Diiringi Lafal Latin serta Artinya

Perihal inilah yang diartikan oleh Imam Ibnu Qayyim al- Jauziyah kalau lepasnya ia dari setan tergadai oleh aqiqahnya.

3. Aqiqah ialah tebusan untuk anak buat membagikan syafaat untuk kedua orang tuanya nanti pada hari akhir, sebagaimana Imam Ahmad berkata,” Ia tergadai dari membagikan syafaat untuk kedua orang tuanya( dengan akikahnya).”

4. Wujud pendekatan diri kepada Allah SWT sekalian selaku bentuk rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan lahirnya anak.

5. Aqiqah selaku fasilitas menampilkan rasa gembira dalam melakukan syariat Islam serta bertambahnya generasi mukmin yang hendak perbanyak umat Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat.

6. Aqiqah bisa menguatkan ukhuwah( persaudaraan) di antara warga.

7. Fasilitas buat merealisasikan prinsip- prinsip keadilan sosial serta menghapuskan indikasi kemiskinan di dalam warga. Misalnya, dengan terdapatnya daging yang dikirim kepada fakir miskin.

Di dalam aqiqah sebagaimana disebutkan dalam HR. Ibnu Majah kalau, terdapat perbandingan jumlah hewan yang di sembelih bagi tipe kelamin anak yang lahir tersebut.