May 22, 2021 By valoralamor.com 0

Cara Melamar Kerja yang Bikin HRD Terkesan

Jika Anda saat ini tengah melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, cobalah untuk membuat HRD perusahaan terkesan kepada Anda.

Tidak hanya menunggu saat wawancara kerja saja, tetapi bisa memanfaatkan moment pertama untuk menarik hati dan perhatian mereka.

Membuat mereka terkesan tentunya sah-sah saja bahkan diharuskan mengingat peminat yang melamar ke perusahaan begitu banyak dan Anda harus bersaing dengan mereka.

Tentunya dengan memiliki ‘’strategi’’ yang baik, Anda tengah mempersiapkan diri menjadi pemenang. Nah, untuk bisa membuat HRD terkesan pada Anda, berikut akan dipaparkan mengenai cara melamar kerja yang bisa bikin HRD terkesan. Dan berikut ulasannya!

Langkah-langkah Melamar Kerja yang Bikin HRD Terkesan
1. Memakai Alamat Email yang Benar
Cara Melamar Kerja yang Bikin HRD Terkesan
Di era digitalisasi ini, mengirim surat lamaran pekerjaan pun semakin dipermudah. Jika dulu hanya menggunakan pos saja untuk mengirim lamaran, kini mengirim lamaran bisa menggunakan email atau elektronik mail tagarbanten.my.id .

Dengan kemudahan tersebut, siapapun bisa mengirimkan lamaran ke perusahaan tersebut tidak terhalang tempat.
Tetapi kemudahan ini membuat Anda harus bersaing dengan para pelamar kerja lainnya di berbagai daerah, sehingga orang-orang yang terpilih dari perusahaan tersebut memang telah ‘’memikat’’ para HRD.

Nah, jika Anda memang mengharuskan mengirim lamaran lewat e-mail, ada baiknya untuk meninggalkan alamat email yang alay atau sulit untuk dibaca karena dengan begitu pihak HRD pun bisa menganggap Anda tidak serius untuk melamar di tempat tersebut.

Walaupun hanya melalui email, tunjukkan kredibilitas Anda dengan menggunakan alamat email yang benar, tidak alay, dengan tulisan dan kata-kata yang santun.

Dengan begitu, Anda telah membuat HRD terkesan terhadap apa yang dilakukan untuk pertama kalinya.

2. Perbagus Profil Sosial Media
Selain membuat alamat email yang benar dan tidak alay, cara berikutnya untuk bisa membuat HRD terkesan adalah dengan memperbagus profil sosial media.

Tidak dipungkiri, di zaman ini banyak sekali platform sosial media yang dibuat untuk profil branding, silahturahmi, menunjukkan eksistensi, hingga untuk keperluan bisnis.

Dengan adanya sosial media tersebut, terkadang pihak HRD pun ‘’mengintip’’ calon kandidat karyawannya di sosial media tersebut.

Biasanya, sosial media tersebut bisa menunjukkan karakter seseorang walaupun hal tersebut tidak 100 persen benar.

Namun dari pertemanan Anda dengan orang-orang maupun tokoh-toko nasional, setidaknya bisa menunjukkan Anda yang sebenarnya.

Maka dari itu, perbaguslah Akun sosial media Anda mulai dari memperbaharui profil, memakai nama asli Anda jika selama ini menggunakan nama alay, membuat status atau postingan yang bermanfaat dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula untuk membuat akun profil sosial media Linkedln. Sosial media tersebut adalah yang sering digunakan HRD untuk melihat-lihat calon kandidatnya.

Tentunya sosial media tersebut berbeda dengan sosial media lainnya, hanya berkonsentrasi pada profil Anda, keahlian yang dimiliki, pencapaian yang pernah diraih, hingga riwayat pekerjaan Anda jika pernah bekerja di tempat lain sebelumnya.

3. Membuat Curiculum Vitae yang Menarik dan Relevan
Curiculum Vitae atau CV adalah salah satu hal yang penting untuk menentukan Anda melanjutkan pada tahap berikutnya atau tidak.

Terkadang, pihak HRD menemukan CV yang alakadarnya dimana para pelamar hanya mencantumkan profil dengan kesan asal-asalan ataupun tidak menunjukkan kemampuan dirinya.

Ada baiknya, untuk bertanya atau melihat-lihat di internet tentang CV yang seharusnya untuk melamar pekerjaan.

Tentu saja, bukan berarti Anda harus ‘’memalsukan’’ kemampuan diri atau nama tempat bekerja sebelumnya.

Tetapi buatlah CV yang menunggunkan diri Anda, bisa dimulai dari mengenalkan diri Anda dnegan singkat, menyertakan pengalaman bekerja atau magang, mencamtumkan aktivitas yang pernah dilakukan, serta mencamtumkan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar saat ini.

Harus diingat pula, sertakan foto dalam CV tersebut yang Nampak professional. Jangan menggunakan berbagai efek yang ada sehingga Nampak membuat wajah lebih tampan atau cantik.

Sertakan foto yang sesuai permintaan perusahaan, seperti foto 3 x 4, 4x 6, atau tampak seluruh badan dan lain sebagainya.